RESPON CEPAT

+62 822-5331-9239

TAMIANG LAYANG- Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab.Barito Timur melakukan sosialisasi Administrasi Kependudukan (Aminduk) dan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Bentot Kecamatan Patangkep Tutui, Selasa, (17/10/2023). Acara ini menjadi momen penting bagi masyarakat, karena membawa harapan besar dalam upaya memperbaiki layanan administrasi kependudukan dan persiapkan untuk menghadapi pemilihan umum (pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Timur, H. Muslim Raharjo, S.Pd, MM menjelaskan Dukungan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil memiliki peran yang sangat strategis dalam menghadapi dan mensukseskan Pemilu dan Pemilukada tahun 2024. Program ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan administrasi kependudukan. Salah satu fokus utama program ini adalah mensosialisasikan dan memberikan pelayanan perekaman e-KTP kepada anak-anak sekolah lanjutan atas yang usianya sudah mencapai 17 tahun. Selain itu, program ini juga membidik pelajar yang akan mencapai usia 17 tahun pada saat Pileg (Pemilihan Legislatif) dan Pemilu berikutnya.

Lebih lanjut Muslim Raharjo mengatakana, poin penting dalam program ini adalah mencapai desa-desa yang belum terjamah oleh perekaman KTP elektronik. Salah satu keunggulan yang menjadi andalan dalam program Dukcapil adalah penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD). IKD adalah sebuah inovasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan efisiensi dan akurasi data kependudukan. Hal ini menjadikan Dukcapil sebagai garda terdepan dalam mewujudkan identitas kependudukan yang kuat, terpercaya, dan terintegrasi dengan teknologi digital.

Pelaksanaan sosialisasi Administrasi Kependudukan dan Aktivasi IKD di Desa Bentot adalah langkah yang diharapkan akan membawa manfaat besar bagi masyarakat. Selain memudahkan akses administrasi kependudukan, program ini juga merupakan bentuk nyata dukungan pemerintah dalam persiapan menuju Pemilu dan Pemilukada tahun 2024. Dengan semangat inovasi dan teknologi digital, Dukcapil berperan penting dalam memajukan layanan administrasi kependudukan di Kabupaten Barito Timur serta meningkatkan partisipasi warga dalam proses demokrasi di masa depan.(cak/foto: ist dukcapil)

Sumber : https://mediacenter.baritotimurkab.go.id/


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + 9 =